Produk Melamin untuk Peralatan Makan

Friday 15 February 2013

Melamin banyak digunakan untuk membuat perlengkapan makan dan minum karena melamin tergolong sebagai material food grade yang memenuhi Standar Internasional sehingga aman untuk kesehatan baik saat digunakan dingin maupun panas sampai suhu 140°C. Untuk itu, kita mengulas Produk Melamin untuk Alat Makanan dengan narasumber Ismarini M,Sc Kepala Bidang Polimer dan Rekayasa BPPT.

Rini menjelaskan, melamin adalah material yang tergolong dalam Thermoset Plastic, yaitu material yang tidak dapat dicairkan ulang (Non Recycle). Senyawa kimia melamin adalah C3H6N6 dengan struktur kimia berupa lingkaran hexagonal sehingga memiliki ikatan yang stabil.Tetapi saat ini banyak beredar perlengkapan makan dan minum yang diklaim sebagai melamin tetapi sebenarnya terbuat dari bahan bukan Melamin melainkan Urea yang mengandung formalin dengan kadar tinggi, sehingga lebih cocok disebut Melamin Palsu. Urea adalah material yang tidak tahan panas dan berharga lebih murah dari melamin, dan dapat mengeluarkan formalin yang mengkontaminasi makanan saat terkena panas. Karena itu Urea biasanya digunakan untuk membuat peralatan listrik dan bukan untuk membuat perlengkapan makan.
Rini juga mengatakan pada dasarnya semua produk-produk yang ada sudah ada standar kesehatannya sudah ada standar SNI melamin yang dikeluarkan oleh Departemen Perindustrian adalah formal dehida yang terdiri dari logam berat sehingga dalam SNI itu diatur berapa logam berat yang diperbolehkan untuk alat makanan dari melamin. Material plastik tidak berbahaya dalam kondisi biasa tetapi yang berbahaya adalah material-material pembuatnya melamin plus formal dehida, formal dehida ini kalau dicampur dengan air jadilah formalin, karena formal dehida yang dibuat dari metanol yang dioksidasi dengan menggunakan katalis logam sehingga pastinya ada residu-residu logam yang mungkin bisa ada di dalamnya karena itulah dibuat SNI ini, supaya semua material yang dibuat dari pabrik bahwa ini aman untuk pemakaian manusia dan harusnya standar food grade kalau bersentuhan dengan makanan.

Menurut Rini perbedaan melamin asli dan melamin palsu sangat jelas :melamin asli terbuat dari 100 % melamin murni plus formal dehida, food grade material, aman untuk kesehatan, tahan panas, cocok untuk piring dan mangkok, kuat dan tidak berubah bentuk, harga relatif tinggi sedangkan melamin palsu jelas rini terbuat dari bahan bukan melamin salah satunya urea, kadar formalin tinggi, tidak food grade, berbahaya untuk kesehatan, tidak tahan panas, umumnya untuk membuat peralatan listrik, mudah berubah bentuk apabila di rebus dan harga jauh lebih murah terakhir ini adalah yang paling mudah untuk membedakan. Disinilah SNI sangat dibutuhkan kita harus waspada apakah produk tersebut sesuai atau tidak dengan SNI. Rini juga berpesan pada intinya kita bisa memakai produk-produk yang ada itu dengan aman selama kita tahu bagaimana cara memakainya, ada sistem pengamanan untuk konsumen yang lebih baik lagi yang diciptakan oleh pemerintah kita, kalau kita beli barang waspadalah dengan SNI karena kita punya standar selain untuk melindungi industri dalam negeri yang ada terutama untuk melindungi masyarakat.

Sumber : IPTEK VOICE "The Sound of Science". (rgp,drh/adpdki)
Share this article :

1 comment:

  1. Dalam rangka ‪#‎HUTRI71‬ @glorimelamine @adadiskon ‪#‎Semangat45‬ BELI 4 DAPAT 5 All Product ‪#‎melamin‬ ‪#‎mangkokmelamin‬ ‪#‎cangkirmelamin‬ ‪#‎sendokmelamin‬ ‪#‎piringmelamin‬ . Tak lupa kami ucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Indonesiaku, Semakin Jaya selalu ‪#‎Merdeka‬ .Pesan Produk Glori Melamin hanya di glorimelamine.com

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Onyxhouseware - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger